Gerebeg Lumpur Kali Pakin

Jakarta, PUBLIKASI – Antisipasi datangnya musim penghujan yang akan segera datang, pihak Pemkot Jakarta Utara melakukan berbagai macam kegiatan yang dapat memperlancar jalannya air di waduk.

Salah satunya Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Kota Administrasi Jakarta Utara melakukan gerebek lumpur di Jalan Pasar Ikan Kali Pakin, Penjaringan Jakarta Utara, Kamis (1/10). Kegiatan ini dilakukan untuk memperlancar kembali aliran air menuju Waduk Pluit.

Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Penjaringan Pendi mengatakan gerebek lumpur di Kali Pakin ini memasuki hari ketiga.
“Kita sudah lakukan dari Selasa (29/9) kemarin. Kita targetkan akan selesai Jumat (2/10) besok,” katanya.

Pendi menambahkan dari kali yang sepanjang 1.040 meter tersebut, SDA Kecamatan Penjaringan sudah mengerjakan sepanjang 600 meter.
“Siang ini diperkirakan gerebek lumpur yang dilakukan sudah sepanjang 600 meter, dan akan terus bertambah sampai sore nanti. Harapannya besok sudah selesai sampai dengan tujuan akhir di Waduk Pluit,” tambahnya.

Untuk pengerjaannya sendiri, Pendi menerangkan jika pihaknya menggunakan dua kendaraan amphibi Besar.
“Ditambah dengan tiga puluh orang personel dari SDA Kecamatan Penjaringan,” tuturnya.

Rencananya, selain memperlancar aliran air dalam upaya antisipasi datangnya musim hujan, gerebek lumpur yang dilakukan SDA ini juga akan dijadikan momen untuk mempercantik sekitar Kali Pakin. (siddiq)

Leave a Comment!