Wadan Lantamal XII Pimpin Upacara Bendera 17 November 2023

Mempawah, PUBLIKASI – Wakil Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Wadan Lantamal) XII Kolonel Marinir Qomarudin, S.E. M.M. selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin jalannya upacara bendera yang diperingati setiap tanggal 17 di Lapangan Upacara Mako Lantamal XII Jl. Wajok Hilir km. 17 Kabupaten Mempawah Kalimantan Barat, Jumat (17/11/2023).

Upacara bendera yang dilaksanakan setiap tanggal 17 secara rutin, bertujuan untuk pengejawantahan tugas dalam melanjutkan perjuangan, menghormati dan menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertaruhkan jiwa dan raganya demi kemerdekaan bangsa dan negara. Selain itu, juga mengingatkan generasi penerus guna meningkatkan tugas dan tanggung jawab untuk terus meneguhkan komitmen pengabdian kepada bangsa dan negara.

Dalam amanat Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. yang pada kesempatan ini dibacakan oleh Irup menyampaikan perlunya perhatian dalam kejadian di lingkup global terkait konflik di Jalur Gaza, Perang Ukraina dan ketegangan di kawasan Indo-Pasifik.

Selain itu juga perhatian di lingkup nasional yang akan dihadapkan dengan tahun politik, dimana rangkaian tahapan pemilihan umum tahun 2024 sudah mulai bergulir memiliki potensi ancaman dan gangguan dalam kontestasi politik tersebut.

“Dalam menghadapi situasi nasional dan dunia yang tidak menentu, kita perlu bersikap bijak dan bertindak secara efektif. Pertahanan dan keamanan negara harus tetap menjadi prioritas utama. Oleh karena itu saya mengajak seluruh Prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut untuk terus meningkatkan profesionalisme demi mewujudkan TNI Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh,” tegasnya.

“Kita harus terus menjaga soliditas dan sinergitas tidak hanya di lingkungan TNI-POLRI, tetapi juga dengan instansi dan lembaga pemerintahan, serta elemen masyarakat lainnya,” tambah Irup. (Andi Roesman Rola)

Leave a Comment!