1.777 Personel Gabungan Amankan Pelaksanaan Hari Bhayangkara ke 77 di GBK

Jakarta, PUBLIKASI ‐‐ Polda Metro Jaya menyiagakan 1.777 personel gabungan untuk mengamankan pelaksanaan Hari Bhayangkara ke-77 di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), pada Sabtu (1/7).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo mengatakan seluruh personel gabungan tersebut bakal disiagakan di sekitar Stadion Gelora Bung Karno hingga akhir kegiatan.

“Pengamanan kita libatkan 1.777 personel gabungan, 976 personel Polda Metro Jaya dan 628 personel Polres,” ujarnya kepada wartawan.

Sementara dari unsur Pemerintah Daerah (Pemda) terdiri dari Satpol PP 60 personel, Dishub 55 personel, pemadam kebakaran 30 personel dan 6 unit mobil, serta dinas kesehatan 28 personel dan 4 unit ambulans.
Di sisi lain, Trunoyudo mengatakan pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar GBK untuk mengantisipasi kemacetan.

Dia meminta kepada warga yang akan melewati kawasan GBK untuk mencari alternatif jalan lain agar aktivitasnya tidak terganggu.

“Kita siapkan rekayasa lalu lintas, tapi sifatnya situasional melihat kondisi di lapangan,” ucapnya.

Sebelumnya Kabag Penum Humas Polri Kombes Nurul Azizah mengatakan Presiden Joko Widodo dijadwalkan bakal menjadi Inspektur Upacara (Irup) Hari Bhayangkara ke-77.

Nurul mengatakan dalam peringatan ulang tahun tersebut nantinya juga akan dihiasi dengan festival pasar rakyat, pameran alat material khusus (almatsus) Polri, hingga booth perpanjangan SIM dan SKCK keliling.

Ia menjelaskan lokasi Stadion GBK juga sengaja dipilih sebagai tempat upacara HUT Bhayangkara dengan harapan dapat semakin mendekatkan Polri dengan masyarakat.

Adapun pada peringatan ulang tahun kali ini mengangkat tema Polri Presisi Untuk Negeri Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju.

Lebih lanjut, Nurul mengatakan dalam rangkaian upacara besok juga turut menampilkan Parade Kolosal dan Teatrikal Nusantara melalui sejumlah tarian dan kebudayaan dari masing-masing daerah.

“Indonesia memiliki kekayaan dan keberagaman budaya, suku, dan agama yang menyatu dalam Bhineka Tunggal Ika yang didukung oleh sinergitas TNI-Polri untuk menjaga dan mempertahankan persatuan dan kesatuan dalam menciptakan Pemilu Damai menuju Indonesia Emas,” tuturnya. *Arya

Leave a Comment!