Tingkatkan Keamanan Lingkungan, RT.02/04 Aren Jaya Galakkan Siskamling

Bekasi, PUBLIKASI Meningkatkan rasa kebersamaan, kerjasama, dan kesadaraan sesama warga yang berbudaya guyub, rukun, dan gotong royong, warga lingkungan RT.02/04, Aren Jaya, Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, aktifkan Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan).

Siskamling tersebut juga sebagai upaya mengajak warga agar muncul kepedulian untuk menjaga kondusifitas lingkungan secara bersama-sama, sehingga dapat mencegah kemungkinan tindakan kriminalitas dari orang atau sekelompok pihak, seperti pencurian.

Ketua RT.02/04, Aren Jaya Hidayat Wahyu Saputro, SSt.FT., Ftr., mengatakan, Siskamling lewat ronda bersama yang mulai digulirkan per 1 Februari 2023 ini, juga digelar dalam rangka mempersiapkan datangnya Bulan Ramadhan 1444 H.

“Sebagai upaya pencegahan dan antisipasi masalah yang ditimbulkan gangguan Kamtibmas maupun musibah bencana di lingkungan RT.02, kita aktifkan Siskamling lewat ronda bersama. Sebab menciptakan rasa aman di lingkungan adalah Tanggung Jawab kita Bersama,” tutur Wahyu, Rabu (1/2/2023).

Menurut Wahyu, Program Kamtibmas itu dilaksanakan dengan berkoordinasi bersama Hansip RW.04 untuk bersama-sama menjadikan lingkungan yang rawan dari tindak kejahatan menjadi lebih aman dan terkendali.

Seluruh warga RT.02, lanjut Wahyu, wajib berpartisipasi menjaga keamanan lingkungan dengan berpartisipasi aktif dalam kegiatan lingkungan. Setiap malam, akan ada tim yang terdiri dari lima sampai enam warga RT.02 yang berjaga.

Tim yang terbagi dalam 12 kelompok itu akan berputar setiap 12 hari. Adapun untuk periode pertama Siskamling tersebut, jelas Wahyu, dilaksanakan tiga bulan ke depan. Setelah dievaluasi akan dilanjutkan setelah lebaran 2023.

Diketahui, ronda pertama tersebut sempat menjadi perhatian dari Ketua RT.04, Aren Jaya Purwanto. Malam itu, Purwanto didampingi Hansip RW.04 menyempatkan diri berbincang-bincang dengan Ketua RT.02 yang tergabung dalam Tim 1. Hadir juga Sekretaris RT.02 Suyato. Tim 1 sendiri terdiri dari Agus Tika, Hidayat Wahyu, Nur Muhammad, Ari Saputro, Didi, dan Abdullah Karim. AKS

Leave a Comment!