103 Kursi Kades di Palas Kembali Diperebutkan Desember Mendatang 

Padang Lawas, PUBLIKASI – Sebanyak 103 Desa yang tersebar di 17 kecamatan di Kabupaten padang Lawas (palas) kursi kepemimpinan di desa kembali diperebutkan pada bulan Desember mendatang.

Perebutan kepemimpinan kursi kepala desa akan melalui kontestsi Pemilihan Kepela Desa (Pilkdes) Serentak di Kabupaten Padang Lawas yang akan digelar pada 14 Desember 2022.

Imformasi ini di dapat atas paparan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Padang Lawas (PMD) Faisal Amrin Siregar S.AP.MM, pada pelaksanaan Santiaji yang digelar Dinas PMD Palas, di Aula Hotel Syamsiah, Jalan Surapati, Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas Jum’at, 21 Oktober 2022.

Tujuan pelaksanaan Santiaji ini kata Faisal, untuk  mensosialisasikan regulasi terkait pelaksanaan Pilkades kepada Panitia Pilkades Tingkat Desa dan Panwas Pilkades Tingkat Kecamatan sehingga pelaksanaan Pilkades Gelombang II berjalan sesuai dengan aturan dan potensi masalah yang timbul dapat diminimalisir selama pelaksanaan tahapan Pilkades.

“Kemudian, agar panitia dan panwas memahami tupoksi masing-masing sesuai dengan UU yang berlaku serta menyatukan persepsi dan visi diantara para panitia dari tingkat desa sampai  tingkat kabupaten.” Papar Paisal.

Dikesempatan itu, Plt Bupati Padang Lawas drg H.Ahmad Zarnawi Pasaribu cht MM MS.i secara resmi membuka kegiatan tersebut dan  dalam bimbingan dan arahannya  menyampaikan, bahwa Bulan Juli yang lalu Pemerintah Kabupaten Padang Lawas telah melaksanakan pemilihan kepala desa serentak Gelombang I, maka direncanakan pada tanggal 14 Desember mendatang akan di  gelar kembali Pilkades  Gelombang ke II, diikuti 103 desa se Kabupaten Padang Lawas.

Diingatkan Zarnawi, agar penyelenggaraan santiaji ini harus di perhatikan dengan sungguh-sungguh dengan mengedepankan prinsip demokrasi hukum dan akuntabilitas publik agar pelaksanaan pilkades berjalan secara efektif efisien aman dan tertib.

Dikesempatan Beliau berpesan, kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, serta proaktif melakukan dialog, tanya jawab dan diskusi terkait tahapan pilkades dan persoalan   yang mungkin timbul dalam penyelenggaraan pemilihan kepala desa serta cara mengatasi.

Zarnawi berharap, dengan diadakannya kegiatan ini akan tercipta satu pola pemahaman terhadap regulasi yang ada sehingga pelaksanaan Pilkades Gelombang II berjalan lebih baik lagi.

“Alhamdulillah, pada pelaksanaan Pilkades Gelombang I secara umum berjalan dengan sukses tanpa hambatan yang berarti. Mari sama sama berdoa agar Pilkades Gelombang II berjalan lebih baik lagi dari Pilkades Gelombang I dan akan melahirkan pemimpin desa yang berkualitas untuk kurun waktu 6 tahun ke depan”, tutup Zarnawi.

Tampak hadir di kegiatan tersebut, Staf Ahli Bupati Drs.Irwan Halomoan MM, Inspektur Harjusli Fahri Siregar SSTP M.SI CGCAE, Kasatpol PP Damkar Agus Saleh Daulay SH MM, seluruh Camat, Sekcam, dan sebagai peserta Santiaji Seluruh Kades (103) yang akan mengikuti Pilkades Gelombang II, seluruh panitia pilkdes dan BPD. Soleh

Leave a Comment!