Polisi Panggil Wisatawan Malang Jalan-jalan Ditempat Umum Saat Positif Covid-19

Surabaya, PUBLIKASI – Polresta Malang Kota memanggil pemilik akun media sosial Reza Fahd Adrian yang mengaku positif virus Covid-19, namun mengunjungi sejumlah tempat wisata.

Kasi Humas Polresta Malang Kota, Ipda Eko Novianto mengatakan pihaknya telah mengirimkan surat kepada pemilik akun Facebook Raza Fahd Adrian untuk memberikan klarifikasi.

“Polresta Malang Kota telah mengirimkan surat undangan kepada pemilik akun tersebut guna melakukan klarifikasi di Polresta Malang Kota terkait unggahan nya,” kata Eko, Senin (7/2).

Polresta Malang Kota telah melakukan penyelidikan dengan melakukan pemantauan digital. Polisi juga telah mengantongi identitas pelaku.

Terpisah, Juru Bicara Rumpun Kuratif Satgas Penanganan Covid-19 Jatim dr Makhyan Jibril Al-Farabi mengatakan pihaknya telah meminta Polda Jatim untuk menindaklanjuti aksi wisatawan tersebut.

Jibril mengatakan gelagat wisatawan tersebut sangat berbahaya lantaran berisiko menulari kepada orang lain yang ditemuinya selama perjalanan.

“Kami sangat mengecam aktivitas tersebut karena bisa sangat membahayakan banyak orang. Kalau Omicron ini terkena pada pasien yang lansia dan belum divaksin ternyata masih bisa mengakibatkan gejala yang serius bahkan meninggal dunia,” kata Jibril.

Saat ini, lokasi atau toko yang sempat dikunjungi seorang wisatawan tersebut pun telah ditertibkan oleh Satpol PP setempat.

“Lokasi sementara ditutup oleh Satpol PP Malang,” ucapnya.

Pihaknya juga akan mengevaluasi penerapan protokol kesehatan, aplikasi PeduliLindungi dan mengecek apakah para pegawai di toko itu telah tervaksinasi.

“Untuk kepentingan evaluasi penerapan prokes, apakah sudah diterapkan dengan baik atau belum. Penerapan PeduliLindungi. Memastikan semua pegawai telah tervaksinasi,” ucapnya.

Sebelumnya, Seorang warga yang terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona (Covid-19) leluasa bepergian ke sejumlah tempat di Kota Malang, Jawa Timur. Hal itu terungkap lewat unggahannya sendiri di media sosial.

Lewat unggahannya, ia mengaku hendak pergi ke Bali melalui Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Namun yang bersangkutan terkonfirmasi positif Covid-19.

Rencananya ke Bali pun batal. Ia lantas mengganti agendanya dengan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di Jatim, salah satunya di Kota Malang.

“Batal ke Bali karna mo nyebrang feri ketapang gili malah positif Covid-19, akhirnya keliling batu-malang dan sekitarnya ternyata banyak destinasi belum dikunjungi,” kata Reza lewat media sosialnya yang viral.

Postingan itu diunggah pada 27 Januari 2022 lalu. Ia juga mengunggah potret foto tengah berada di Toko Lai Lai yang berada di Kota Malang. *Arya

Leave a Comment!