10 Ribu Anak Usia 6-11 Tahun di DKI Jakarta Jalani Vaksinasi Covid-19

Jakarta, PUBLIKASI – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim ada 10.000 anak usia 6-11 tahun yang akan menjalani vaksinasi Covid-19 perdana. Hal tersebut disampaikan Anies pada saat meninjau langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada anak di SDN 03 Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

Anies mengatakan, mereka akan menjalani vaksinasi yang tersebar di masing-masing wilayah administrasi DKI Jakarta.

“Pada hari ini di DKI Jakarta ada sekitar 10 Ribu anak usia 6-11 tahun yang mendapatkan vaksinasi dosis pertama,” ujarnya, Selasa (14/12).

Ia menuturkan, berdasarkan Data Pokok Pendidikan DKI Jakarta, total ada 1,1 juta anak dengan usia 6-11 tahun yang menjadi target vaksinasi DKI Jakarta.

Guna menyukseskan program tersebut, Anies mengatakan pihaknya telah mempersiapkan sejumlah lokasi pemberian vaksin pada anak. Seperti di sekolah dasar, Puskesmas, Rumah Sakit, dan sentra-sentra vaksinasi di komunitas.

Anies mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya para orang tua untuk menyegerakan pemberian vaksinasi Covid-19 kepada anak-anak. Anies juga berharap para orang tua dapat pro aktif membawa anak-anaknya mendatangi fasilitas kesehatan yang telah disediakan.

“Sehingga target vaksinasi bisa segera tercapai, seperti pada kelompok usia 12-17 tahun dan 18-hingga usia lansia, yang alhamdulillah semua sudah melampaui targetnya,” tuturnya.

Sementara, dalam agenda peninjauan vaksinasi tersebut, turut hadir Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono, Sekretaris Daerah (Sekda) Prov DKI Jakarta Maarullah Mataali, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta Febrie Adriansyah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti.

Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu, sebelumnya, mengatakan vaksinasi Covid-19 pada anak bakal digelar secara bertahap di beberapa daerah mulai hari ini.

Berdasarkan data Kemenkes, sebanyak 26,8 juta anak usia 6-11 tahun bakal diberikan vaksin Covid-19 secara bertahap. sebanyak 8.851.681 anak usia 6-11 tahun menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 anak tahap pertama.

Tahap pertama akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis satu di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60 persen.

Beberapa kabupaten/kota yang telah mencapai kriteria tersebut tersebar di Banten, Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali. *Arya

Leave a Comment!