Pramuka Kwarcab Merauke Melaksanakan Jambore On The Air dan On The Internet

Merauke, PUBLIKASI – Perkemahan Jumat Sabtu Minggu yang dilaksanakan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Merauke dalam rangka Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Jalan Noari Kelurahan Karang Indah tepatnya dibelakang Yapis diikuti oleh pramuka dari sebagian besar pramuka dari Kabupaten Merauke sebanyak kurang lebih 200 Personil. Kegiatan Jota joti ini merupakan hasil kerja sama antara Orari dan Pramuka diseluruh Indonesia dan Manca Negara secara serentak pada tangga 15-17 Oktober 2021.

Ketua Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) daerah Papua saat dihubungi melalui telepon pribadinya mengatakan bahwa sehubungan dengan kesibukan beberapa Orari lokal dalam penutupan Pekan Olahraga Nasional dan dilanjutkan dengan Peparnas XVI maka Orari daerah Papua kembali menugaskan Orari lokal Kabupaten Merauke untuk membackup sekaligus memusatkan kegiatan Jota joti di Kabupaten Merauke mewakili Orari se Provinsi Papua.

Pria kelahiran Maluku Tenggara yang akrab di panggil John menuturkan kegiatan bersama Pramuka ini adalah kegiatan Nasional yang sifatnya teknis, dalam pelaksanaannya Pramuka wajib didampingi oleh anggota Orari untuk melakukan komunikasi melalui radio amatir agar dapat bertukar informasi terkait kepramukaan dan kegiatan amatir radio. Pentingnya anggota Pramuka didampingi anggota Orari adalah dalam kegiatan Jota joti hampir sebagian besar anggota Pramuka tidak memiliki Lisensi Amatir Radio sehingga dalam pelaksanaan Jamboree On The Air para anggota Pramuka yang belum memiliki izin amatir radio sudah seharusnya mendapatkan pendampingan oleh anggota Orari agar dalam berkomunikasi agar tidak menyalahi aturan dalam berkomunikasi mengingat dalam kegiatan Jota joti bukan hanya diikuti oleh Pramuka Indonesia saja melainkan dari seluruh negara.

Terpisah, ketua gerakan Pramuka Kwartir cabang Merauke Muh. Ihksan menuturkan bahwa Jamboree On The Air adalah suatu kegiatan yang sangat dinantikan oleh anggota Pramuka diseluruh Indonesia selain bermanfaat bagi anggota Pramuka sendiri kegiatan Jota joti ini memiliki tantangan tersendiri bagi anggota Pramuka karena dalam melakukan komunikasi mereka diwajibkan untuk dapat mendengar dengan baik apa yang menjadi pertanyaan dari lawan bicara dari Pramuka lain dari luar Kabupaten Merauke. Menurut Ka Kwarcab Merauke selain melaksanakan lomba-lomba adik-adik Pramuka juga dibekali tata cara berkomunikasi yang baik dan benar oleh kakak-kakak dari Orari lokal Kabupaten Merauke sehingga saat melakukan komunikasi dengan anggota Pramuka dari Luar Merauke anggota saya dapat tampil maksimal terutama dalam tutur kata yang sesuai dengan prosedur yang baik dan benar sesuai etika komunikasi amatir radio.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Kwarcab Merauke juga mendapat panggillan melalui radio amatir dari Gerakan Pramuka Kwartir Nasional, dalam kesempatan itu percakapan antara Gerakan Pramuka Kwartir Nasional dan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Merauke tidak mengalami kesulitan sehingga percakapan dapat berlangsung dengan baik antara Kwartir Nasional dan Kwartir Cabang.

Menurut ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Merauke, Kegiatan Jamboree On The Air sudah dilakukan sejak 2017 di Kabupaten Merauke dan tahun ini menjadi tahun kelima pelaksanaan Jamboree On the Air bersama ORARI Lokal Kabupaten Merauke, Ihksan menambahkan Jota joti ini akan dimasukan dalam program kerja kami di Kwarcab Merauke sehingga setiap tahun berjalan kegiatan ini dapat dijadikan sebagai salah satu kegiatan unggulan antara Orari dan Pramuka sesuai tema kami pada tahun 2021 “Pramuka maju melangkah bersama Orari” tutup Ihksan. Gilang harry/ YB9YSS

Leave a Comment!