Danlantamal XII Hadiri Penyematan Brevet Manusia Katak di Pondok Dayung

Jakarta, PUBLIKASI —  Bertempat di Mako Satkopaska Koarmada I, Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Avianto Rooswirawan, menghadiri Upacara Tradisi Penyematan Brevet Kehormatan “Manusia Katak” kepada Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI (Mar) Nur Alamsyah dan Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Dr. Yoos Suryono Hadi, yang dipimpin langsung Danpuskopaska TNI AL Laksamana Pertama TNI Baroyo Eko Basuki. Pondok Dayung, Jakarta Utara, Jumat (23/8/2024).

Perlu dketahui bahwa Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) adalah salah satu komponen penting pasukan Elit TNI Angkatan Laut yang mempunyai spesialisasi peperangan laut khusus. Kopaska TNI AL sendiri didirikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 31 Maret 1962 dengan semboyan “Tan Hana Wighna Tan Sirna” yang artinya “Tidak ada rintangan yang tidak dapat diatasi”.

Kopaska sebagai Pasukan Khusus TNI AL tidak hanya dituntut masalah inteligensi pada saat penyerangan, penyerbuan dan pertempuran. Tetapi juga memiliki kemampuan jasmani yang prima agar mampu menghancurkan musuh secara cepat dan tepat.

Sebelum penyematan Brevet, dilakukan skenario ujian sebagai prajurit “Manusia Katak, ” termasuk operasi simulasi penghancuran markas musuh di Pantai Mutiara. Operasi ini melibatkan pengambil alihan gedung, Visit Board Search and Seizure (VBSS) pada kapal sasaran, tembakan gatling, dan diakhiri dengan pengambilan nama sandi dan refreshment.

Penyematkan Brevet Kopaska kepada Dankodiklatal dan Pangkoarmada I oleh Danpuskopaska TNI AL Laksma TNI Baroyo Eko Basuki merupakan bentuk penghargaan tertinggi dari Kopaska TNI AL terhadap personel yang dinilai telah memberikan dharma bakti dan sumbangsih berupa pikiran, tenaga, dukungan, rasa simpati dan moril untuk kemajuan Kopaska TNI AL. ( Andi RR)

Leave a Comment!