Menhub Prediksi Puncak Arus Balik Nataru 1-2 Januari 2024

Jakarta, PUBLIKASI – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan puncak arus balik libur natal dan tahun baru (Nataru) diprediksi terjadi pada 1-2 Januari 2024. Mengenai puncak arus mudik, Budi menyebut sudah terlewati yakni pada 23-24 Desember 2023.

“Berkaitan dengan puncak mudik besar kemungkinan terjadi setelah dan sebelum tahun baru. Kalau sebelum tahun baru tidak banyak, karena banyak yang sudah mudik. Tapi di tanggal 1-2 (Januari 2024) terjadi puncak,” ujarnya.

Dengan prediksi itu, Budi memastikan Kemenhub dengan kementerian/lembaga terkait bakal mempersiapkan puncak arus bali. Mulai kesiapan transportasi umum hingga upaya di lapangan seperti contraflow apabila terjadi kemacetan.

“Oleh karenanya di semua sektor yakni udara, laut, darat dan kereta api konsentrasi pada titik itu, bagaimana penjualan dilakukan lebih awal supaya yang akan balik dilayani relatif lebih baik,” kata dia.
Budi juga mengimbau agar masyarakat tetap memakai masker selama berada di transportasi umum seperti pesawat dan kereta api. Menurutnya, upaya mencegah penularan virus corona (Covid-19) perlu dilakukan.

Kendati demikian, Budi menegaskan hingga saat ini belum ada aturan resmi dari Kementerian Kesehatan terkait penerapan protokol kesehatan Covid-19 saat mengakses transportasi umum. “Kita mengimbau mereka cuci tangan, jaga jarak, dan pakai masker di pesawat maupun kereta,” ujar Budi.

“Tentang Covid-19, saya pikir secara formal, sekali lagi teman-teman Kemenkes belum memberi satu keharusan kita melakukan protokol apa,” ujar Budi. *Arya

Leave a Comment!