Gibran Respon Dituding Takut untuk Debat

Jakarta, PUBLIKASI – Wakil Presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM) Gibran Rakabuming Raka merespons anggapan sebagian publik yang menilai dirinya takut berbicara gagasan terutama setelah ketidakhadiran dirinya dalam sejumlah undangan acara diskusi.

Gibran pun meminta publik untuk menunggunya menyampaikan gagasan paslon nomor urut 2 melalui debat resmi yang dihelat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Entar datang pas debat resmi ya,” kata Gibran usai menghadiri Rakornas TKN di Jakarta Pusat, Jumat (1/12).

Gibran juga memastikan dirinya sudah mempersiapkan diri dalam rangkaian acara debat capres dan cawapres itu. Debat itu akan digelar sebanyak 5 kali menjelang Pilpres 2024.

Debat capres-cawapres akan dilaksanakan di Jakarta, dengan tema mulai dari pemerintahan, keamanan, investasi dan perdagangan,

“Sudah, sudah ya doakan lancar ya. Terima kasih ya,” ujar putra sulung Presiden Jokowi itu.

KPU telah menetapkan jadwal debat kandidat Pilpres 2024 sebanyak lima kali. Debat perdana digelar pada 12 Desember 2023.

Nantinya debat akan ditayangkan di stasiun TV nasional dengan total durasi 150 menit. Rinciannya 120 menit untuk segmen debat dan sisanya untuk iklan.
Di sisi lain, KPU juga memutuskan debat capres dan cawapres Pilpres 2024 tak digelar secara terpisah dalam lima kali gelaran. Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan semua pasangan calon akan hadir bersamaan.

Meski demikian, Hasyim mengatakan tetap ada pembagian proporsi pada lima gelaran debat. Dari lima kali debat, tiga di antaranya merupakan debat capres dan dua debat cawapres.

Adapun peraturan KPU 15/2023 Pasal 50 Ayat (1) menyatakan debat dilaksanakan dengan rincian tiga kali untuk capres dan dua kali untuk cawapres. Namun, KPU masih bisa mengubahnya atas koordinasi dengan DPR. *Arya

Leave a Comment!