Asops Danlantamal XII Tutup Latihan Keamanan Laut Tahap II Tahun 2023

Pontianak, PUBLIKASI – Asisten Operasional Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Asops Danlantamal) XII Kolonel Laut (P) Herman Manangkalangi, S.I.P., M.I.Pol. menutup kegiatan Latihan Keamanan Laut (Latkamla) Tahap II Tahun 2023 di Gedung Malahayati Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal XII Jl. Komodor Yos Sudarso No. 1 Pontianak Kalimantan Barat, Selasa (07/11/2023).

Pada kesempatan ini Asops Danlantamal XII mewakili Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Agoeng MKS menutup Latkamla Tahap II Tahun 2023 yang telah berlangsung selama 2 hari.

Dalam sambutannya, Asops Danlantamal XII membacakan amanat Danlantamal XII yang menyampaikan bahwa Latkamla ini merupakan sarana pembekalan bagi personel dalam melaksanakan tugas operasi keamanan di laut.

“Lantamal XII Pontianak merupakan salah satu komponen utama pertahanan negara di laut dengan wilayah kerja yang meliputi Perairan Selat Karimata yang dilalui ALKI I, Laut Natuna dan perairan perbatasan Negara Malaysia yang memiliki potensi munculnya pelanggaran kedaulatan dan hukum di laut sehingga diperlukan latihan keamanan di laut yang rutin dilaksanakan setiap tahun,” tegasnya.

Latkamla Tahap II Tahun 2023 ini bermaksud untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan serta kemahiran prajurit yang bertugas di jajaran Lantamal XII dalam penugasan dan memahami prosedur latihan keamanan laut baik teknis maupun taktis agar mampu melaksanakan tugas sehingga tercapai kesiapan operasi dengan optimal.
(Andi Roesman Rola)

Leave a Comment!