Karnaval Pawai Budaya, Ahmad Zarnawi Sebut Bangga, Semarak Hut ke 78 RI

Padang Lawas, PUBLIKASI – Sebagai rangkaian kegiatan perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), Pemerintah Kabupaten Padang Lawas gelar Pawai Karnaval.

RIbuan pelajar mulai tingkat TK sampai  SLTA serta muda mudi sekitar kota Sibuhuan melibatkan diri sebagai peserta pawai karnaval. Mereka menampilkan pakaian adat daerah dari Sabang sampai Merauke yang menggambarkan keanekaragaman suku, agama, dan adat istiadat yang ada di nusantara serta pakaian profesi yang umum dikenakan masyarakat Indonesia.

Selain peserta pawai, ribuan warga Padang Lawas juga  tumpah ruah memadati jalan protokol menyaksikan pawai karnaval tersebut.

Dari arena dalam Lapangan Merdeka Sibuhuan sebagai titik start, Rabu (16/08) Sekda Kabupaten Padang Lawas Arpan Nst, S.Sos melepas peserta pawai,  kemudian setelah peserta melewati jalan lintasan pawai yang telah ditentukan, mereka akan kembali ke Lapangan Merdeka dan disambut Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM, M.Si, MM, MH beserta Forkopimda, sejumlah pimpinan OPD dan udangan lainnya.

Plt. Bupati Padang Lawas Ahmad Zarnawi diitengah semarak karnaval menyebutkan rasa bangga dan terima kasih atas perhatian semua unsur masyarakat yang turut serta menyemarakkan HUT ke 78 Kemerdekaan RI tahun 2023.

Menurutnya antusias warga tersebut sebagai wujud rasa syukur masyarakat Kabupaten Padang Lawas kepada Allah SWT, Tuhan YME atas nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan kemerdekaan Indonesia pada 78 tahun yang lalu, tepatnya 17 Agustus 1945.

Lebih lanjut ia berharap, bahwa kegiatan karnaval tersebut tidak hanya sekedar selebrasi saja,  namun berharap lebih dari itu, agar setiap rangkaian kegiatan pada HUT ke 78 Kemerdekaan RI sebagai wahana edukatif yang dapat membangkitkan jiwa generasi muda untuk mengisi dan memaknai kemerdekaan indonesia.

Menurutnya, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengisi kemerdekaan ini. Salah satunya dengan berbuat kebaikan dan hal hal positif yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

Disampaikannya, “Belajar yang giat dan tekun bagi adek adek pelajar adalah salah satu bentuk perjuangan mengisi kemerdekaan. “Dengan kepandaian, InsyaAllah kelak adek adek dapat menggapai cita cita yang gemilang dan masa depan yang lebih baik,” ujar Plt. Bupati.

“Pengabdian seorang dokter atau tenaga medis dalam mengobati dan melayani kesehatan masyarakat dengan sepenuh hati juga bentuk pengabdian dalam mengisi kemerdekaan, tambah Plt. Bupati.

“Keikhlasan seorang guru, dosen dan tenaga pendidik lainnya dalam mendidik murid muridnya agar mereka kelak menjadi insan yang berguna bagi nusa dan bangsa juga bentuk kepahlawanan dalam mengisi kemerdekaan,” imbuhnya lagi.

Kepada seluruh masyarakat Padang Lawas sambungnya apapun profesinya, mari sama sama mengisi kemerdekaan ini dengan berbuat yang terbaik sesuai kemampuan masing masing sebagai wujud penghormatan atas jasa jasa para pejuang yang gugur dalam merebut kemerdekaan ini, ajak Plt. Bupati.

“Mari bersatu membangun semangat kebersamaan untuk melangkah maju demi kemajuan Padang Lawas yang kita cintai ini,” tandas Plt. Bupati. Soleh

Leave a Comment!