Di Hari Kedua Safari Ramadhan Pemkab Palas Kunjungi Kecamatan Sosopan

Padang Lawas, PUBLIKASI – Di Hari ke Dua pelaksanaan Safari Ramadhan 1444 H. Pemerintah Kabupaten Padang Lawas mengnjungi kecamatan Sosopan sekaligus memperingati Malam Nuzul Qur’an di Mesjid Nurul Hakim Sosopan Jum’at, 17 April 2023.

Turut mendampingi Plt Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu cht MM MS.i yaitu, Kapolres Padang Lawas AKBP Indra Yanitra Irawan, S.IK, M.Si, Pabung Kodim 0212/TS Kapten Inf. Anhar Jusar, Sekda Arpan Nst, S.Sos, Para Staf Ahli Bupati dan Asisten, Kepala OPD, Kakan Kemenag H. Abdul Manan, MA, Camat Sosopan, ulama dan tokoh masyarakat Kecamatan Sosopan serta undangan lainnya

Plt. Bupati Ahmad Zarnawi dalam arahannya menyampaikan, kehadiran kami  di Kecamatan Sosopan, tdak lain untuk memperkuat jalinan silaturrahim antara pemerintah dengan masyarakat.

“Peringatan Turunnya Al Qur’an melalui Nabi Muhammad SAW pada malam ke 17 Bulan Ramadhan yang diperingati sebagai Malam Nuzulul Qur’an dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kecintaan terhadap Kalam Ilahi Al Qur’anul Karim.”Ujar Zarnawi.

Plt. Bupati berharap peringatan ini bukan hanya seremonial saja tetapi maknanya harus direfleksikan dalam kehidupam sehari hari dan berpesan agar Peringatan Malam Nuzulul Qur’an harus betul betul dimakna secara positif

“Bahwa Peringatan  Nuzulul Qur’an merupakan momentum agar kita selalu berpegang teguh pada Al Qu’ran dan mengaktualisasikannya sebagai penerang jalan kehidupan, pedoman dan tuntunan dalam setiap sendi kehidupan,” imbuhnya.

Sebagai bukti kencintaan terhadap Al Qur’an, agar seluruh elemen masyarakat baik tua dan muda agar senantiasa membumikan Al Qur’an di Bumi Serambi Mekkah Kabupaten Padang Lawas. Pinta Plt Bupati.

Kemudian kata Zarnawi, pemerintah bersama para ulama terus berupaya mendorong masyarakat agar gemar membaca Al Qur’an. Kegiatan yang dapat memotivasi dan menggairahkan kecintaan terhadap Al Qur’an akan terus kita hadirkan ditengah masyarakat dan pemerintah juga mengapresiasi hafidz dan hafidzah terbaik, tambahnya

Mari jadikan semangat Nuzulul Qur’an untuk mempererat persatuan dalam ukuwah islamiyah dan merapatkan barisan dalam mewujudkan pembangunan di kabupaten yang kita cintai ini, pungkas Plt. Bupati.

Pencemarah dalam peringatan Nuzulul Qur’an  adalah Al Ustadz H. Ismail Nasution, LC, MTh dalam cermahnya menyebutkan berdasarkan literatur, dan pendapat para ulama malam Nuzulul Qur’an diperingati setiap malam ke 17 Bulan Ramadan.

Dalam kajiaannya ia  membeberkan fadilah dan keutamaan membaca dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari hari.

“Orang orang pilihan Allah yang paling istimewa adalah para penghafal Al-Qur’an yang mengamalkannya, mereka adalah Ahlullah, kekasih Allah yang dikhususkan dari kalangan manusia,” ungkapnya.

Ummat islam yang membersamai Al Qur’an sejak didunia, ia akan menjadi pendamping dan pembela kita di akhirat nantinya. Sebaliknya akan menjadi musuh yang menjerumuskan kita ke neraka kelak ketika kita tidak membela Al Qur’an dan menyia nyiakannya,

Disela kegiatan usai pelaksanaan shalat tarawih berjamaah Plt. Bupati menyerahkan bantuan kipas angin kepada Badan Kenaziran Masjid Nurul Hakim Sosopan, menyerahkan bantuan sosial secara simbolis kepada 230 orang anak yatim dan penyerahan bantuan dhuafa dari Basnaz Kabupaten Padang Lawas. Soleh

Leave a Comment!