Danareksa Gelar Safari Ramadhan BUMN 2023 Perdana di Museum MH Thamrin  

Jakarta, PUBLIKASI – Dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan, PT Danareksa (Persero) (Danareksa) memulai rangkaian kegiatan “Safari Ramadhan BUMN 20223” perdana di Museum MH Thamrin, Jakarta Pusat pada 29 Maret 2023.

 

Safari Ramadhan BUMN merupakan kegiatan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama berbagai BUMN yang dilaksanakan  di wilayah Jabodetabek, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Selatan.

 

Kegiatan tersebut dijadwalkan berlangsung dari 29 Maret hingga 14 April 2023, dan Danareksa merupakan salah satu BUMN yang pertama kali menjalankan kegiatan Safari Ramadhan BUMN tersebut di wilayah Jabodetabek.

 

Di Safari Ramadhan BUMN ini, Danareksa menyediakan 1.000 paket sembako murah

dan bazar UMK binaan BUMN yang menjual berbagai produk dari makanan takjil hingga baju muslim.

 

Adapun UMK yang berpartisipasi seluruhnya merupakan UMK binaan dari sejumlah BUMN. Termasuk diantaranya UMK binaan dari anggota Holding BUMN Danareksa.

 

Corporate Secretary PT Danareksa (Persero), Putu Dewika, mengatakan, Safari Ramadhan BUMN 20223 menjadi salah satu momentum untuk saling mengenal dengan sekitar dan bersilaturahmi.

 

“Sudah menjadi bagian dari peran dan perwujudan kepedulian kami sebagai BUMN untuk senantiasa

memberi kebermanfaatan serta berkah di Bulan Suci Ramadhan bagi masyarakat sekitar,” tutur Putu Dewika, dalam keterangannya yang diterima Koranpublikasi.com, pada Rabu (29/3/2023).

 

Selain itu, juga dibuka pendaftaran bus mudik gratis untuk masyarakat oleh BUMN ke berbagai kota di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta, seperti Tegal, Semarang, Solo, Purwokerto serta beberapa kota lainnya.

 

“Bus mudik gratis akan diberangkatkan pada tanggal 18 April 2023 dan masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas tersebut untuk mudik dengan nyaman,”

tambah Dewika.

 

Seluruh rangkaian kegiatan Safari Ramadhan BUMN 2023 itu, lanjutnya, menargetkan 49.000 penerima paket sembako murah di 48 lokasi di Indonesia dari Jabodetabek, Kalimantan Timur,

hingga Kalimantan Selatan dan 2.800 pendaftar mudik.

 

Selain itu, rangkaian kegiatan ini juga

akan melibatkan lebih dari 900 UMK binaan BUMN.

 

Bersamaan dengan kegiatan Safari Ramadhan BUMN tersebut, Danareksa juga akan menyerahkan santunan senilai sepuluh juta rupiah untuk lima masjid di Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Diharapkan santunan tersebut dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan dan pengembangan masjid.

 

Diketahui, PT Danareksa (Persero) sepenuhnya (100%) dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian BUMN.

 

Berdiri pada tahun 1976, Danareksa yang memiliki pengalaman panjang berperan aktif dalam pengembangan Pasar Modal Indonesia dan industri keuangan nasional. Hingga akhirnya ditetapkan menjadi holding BUMN Spesialis Transformasi pertama milik BUMN pada 2022 lalu.

 

Danareksa ditunjuk menjadi Holding Pengelola BUMN lintas sektor berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik No. 7 Tahun 2022 tentang Penambahan Penyertaan Modal Negara Republik Indonesia ke Dalam Modal Saham Perusahaan Perseroan (Persero) PT Danareksa.

 

Penambahan PMN ke dalam modal saham Danareksa tersebut berasal dari pengalihan seluruh saham Pemerintah pada 10 BUMN, yaitu PT Nindya Karya, PT Kliring Berjangka Indonesia, PT Kawasan Industri Medan, PT Kawasan Industri Wijayakusuma, PT Kawasan

Industri Makassar, PT Kawasan Berikat Nusantara, PT Balai Pustaka, PT Perusahaan Pengelola Aset, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut.

 

Penunjukkan ini menambah portofolio yang dikelola PT Danareksa yang sebelumnya mempunyai beberapa Entitas Anak, yaitu PT Danareksa Capital (kepemilikan 99,90%), PT Danareksa Finance (kepemilikan 99,99%) dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (kepemilikan 67%).

 

Sedangkan yang termasuk Entitas Asosiasi adalah PT Danareksa Investment Management (kepemilikan 35%) dan PT BRI Danareksa Sekuritas (kepemilikan 33%).

 

 

Abdullah Karim Siregar

 

Leave a Comment!