Dukung Sikap Wali Kota Bengkulu, PAN Tolak Timnas Israel Ke Indonesia

Jakarta, PUBLIKASI ‐‐ Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menyatakan partainya menolak kehadiran Timnas Israel dalam gelaran Piala Dunia U-20.

Yandri pun mendukung sikap Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan yang juga menolak Timnas Israel untuk bertanding di Indonesia.

Ia setuju dengan keputusan rekan separtainya tersebut sebagai bentuk menjalankan amanah pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 bahwa penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

Selain itu, ia juga mengatakan Indonesia bisa menolak kedatangan Israel karena tak memiliki hubungan diplomatik dengan negara tersebut.

“Setuju karena enggak ada hubungan diplomatik,” tuturnya.

Sebelumnya, Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan menolak Timnas Israel berlaga di Indonesia pada ajang Piala Dunia U-20. Penolakan itu disampaikan melalui surat resmi yang dilayangkan kepada Menpora dan Presiden FIFA pada 24 Maret lalu.

Tidak hanya Wali Kota Bengkulu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Bali Wayan Koster, dan sejumlah partai politik, hingga omas Islam menolak kedatangan Timnas Israel ke Indonesia.

FIFA pun telah membatalkan acara drawing atau undian Piala Dunia U-20 yang semula bakal digelar pada 31 Maret di Bali. Buntut pembatalan itu, Indonesia terancam gagal menjadi tuan rumah.

FIFA disebut telah menunjuk Peru sebagai tuan rumah baru pengganti Indonesia. Terkini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir harus terbang ke Zurich untuk melobi FIFA soal pelaksanaan Piala Dunia U-20 di Indonesia. *Arya

Leave a Comment!