Autopsi Ulang Brigadir J Dipimpin Dokter Forensik RSCM

Jambi, PUBLIKASI – Mabes Polri mengatakan proses penggalian kubur dan autopsi ulang jenazah Brigadir J dipimpin langsung oleh Kepala Departemen Forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Ade Firmansyah Sugiharto.

“Dokter Ade Firmansyah Sugiharto sebagai ketua tim kedokteran forensik yang melakukan ekshumasi dan autopsi,” ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar, Jambi, Rabu (27/7).

Dedi menjelaskan selain bertugas sebagai Kepala Departemen Forensik di RSCM, ia juga Ketua Umum Perhimpunan Dokter Forensik Indonesia (PDFI).

Namun Dedi urung menjelaskan lebih lanjut terkait siapa saja dan jumlah dokter yang dilibatkan dalam proses autopsi ulang terhadap Brigadir J. Ia hanya mengatakan tim dokter yang dilibatkan merupakan gabungan dari beberapa rumah sakit dan universitas.

Kondisi serupa juga Dedi sampaikan terkait lamanya proses autopsi terhadap Brigadir J hingga hasilnya didapati oleh tim forensik. Dedi mengatakan seluruh teknis pemeriksaan autopsi akan disampaikan oleh Ketua Tim Forensik.

“Ya nanti dari dokter Ade yang langsung melaksanakan autopsi ulang yang berkompeten yang bisa menyampaikan,” kata Dedi.

Jenazah Brigadir J telah tiba di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Bahar, Kabupaten Muaro Jambi, Jambi untuk diautopsi ulang hari ini.

Jenazah tiba sekitar pukul 08.45 WIB. Sejumlah petugas kepolisian berjaga mengamankan lokasi.

Sebelumnya, Brigadir J diklaim tewas dalam insiden adu tembak dengan Bharada E di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Komplek Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, Jumat (8/7). Namun, peristiwa itu baru diungkap pada Senin (11/7). *Arya

Leave a Comment!