SDA Kecamatan Penjaringan bersihkan Saluran Sepanjang 1100 meter

Jakarta, PUBLIKASI – Satuan Tugas Sumber Daya Air (SDA) Kecamatan Penjaringan melakukan pembersihan saluran di RW 02, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Rabu (6/7). Proses pengurasan pada saluran sepanjang 1100 meter ini diperkirakan selesai dalam waktu sebulan.

“Lumpur dan sampah yang berada di dalam saluran membuat air tidak dapat mengalir dengan baik,” kata Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Penjaringan, Pendi.

Pendi menambahkan pengerjaan pembersihan saluran di Jalan Pluit Karang Utama ini menurunkan sepuluh petugas SDA Kecamatan Penjaringan.

“Dikerjakan manual dengan menggunakan alat sederhana seperti pacul, linggis, palu godem, blencong, pahat dan lainnya. Proses pengurasan saluran yang memiliki panjang 1100 meter, lebar 80 centimeter dan memiliki kedalaman 1,5 meter ini dimulai Senin (4/7) kemarin dan diperkirakan selesai dalam waktu 30 hari atau satu bulan,” ungkapnya.

Pendi berharap masyarakat RW 02 Kelurahan Pluit ikut menjaga kebersihan saluran setelah dilakukannya proses pengurasan.

“Ikut menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuang di saluran air. Selain Lumpur yang mengendap, sampah warga yang ada di saluran air dapat menghambat jalannya air dan itu dapat merugikan banyak pihak terutama warga RW 02 sendiri,” tuturnya. (M Siddiq)

Leave a Comment!