Dipenuhi oleh Ratusan Pemudik, Nagreg Kembali Terapkan Alih Arus Kendaraan

Jakarta, PUBLIKASI ‐ Setelah beberapa hari menjelang Lebaran 2022, ratusan pemudik dari berbagai daerah penuhi kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung, menuju Kadungora, Kabupaten Garut. Demi menghindari kemacetan panjang akibat arus mudik yang semakin penuh, Kepala Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Turjawali) Polresta Bandung menerapkan kembali alih arus lalu lintas.

Kepala Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan, dan Patroli (Turjawali) Polresta Bandung Sugiarto mengakui padatnya arus kendaraan dari arah Bandung menuju Nagreg ini memicu kemacetan.

“Kita mulai lihat kendaraan terpantau berdatangan mulai dari Gerbang Tol Cileunyi ke arah timur Garut. Untuk saat ini kami melakukan penarikan manual berkoordinasi dengan Polres Garut,” kata Sugiarto, Sabtu (30/4).

Sugiharto menjelaskan pengalihan arus sudah dilakukan tiga kali untuk mengurai kepadatan arus lalu lintas di jalir Nagreg.

“Cara bertindak yang kami lakukan ketika kendaraan yang mengarah ke Limbangan padat, kami lakukan pengalihan arus lalu lintas ke Kadungora-Leles. Apabila antrian kendaraan sudah sampai Ahmadiyin Limbangan, kami lakukan normal kembali,” ujarnya

Untuk rekayasa one way atau satu arah belum dilakukan hingga kini. Pihaknya menunggu instruksi Polres Garut untuk melakukannya.

“Kita belum laksanakan one way, tapi kita laksanakan pengalihan arus kurang lebih tiga kali selama satu jam,” ucapnya.

Adapun kendaraan dominan kendaraan dari Nagreg mengarah ke Tasikmalaya. “Hari ini, mulai tadi pagi antrean kendaraan mulai tampak dominan kendaraan yang mengarah Tasik,” mata dia.

Sementara itu, data penghitungan kendaraan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung hingga pukul 09.00, volume kendaraan yang melintasi jalur Nagreg mencapai 48.159.

Jumlah itu mengalami kenaikan sebesar 0,22 persen dibanding hari sebelumnya atau H-3 yaitu sebanyak 48.054 kendaraan. *Arya

Leave a Comment!