Kepala Desa Padang Serasan Pimpin Musdes Untuk Memajukan Bumdes dan Kesejahteraan Masyarakat

Manna, PUBLIKASI – Wiwin, Kepala Desa Padang Serasan, Kecamatan Pino Raya, Kabupaten Bengkulu Selatan memimpin musyawarah desa (Musdes) untuk memajukan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di ruang rapat balai desa setempat pada Kamis (31/3/2022).

Musdes tersebut turut dihadiri Sekcam Kecamatan Pino Raya, Babinsa, Kamtibmas, Ketua BPD, Ketua Bumdes, staf ahli beserta tokoh masyarakat desa setempat.

Dalam rapat tersebut Wiwin menyampaikan bahwa dana yang dimiliki Bumdes dapat digunakan untuk kepentingan pinjam-pakai masyarakat setempat untuk menambah modal usaha.

Kemudian dapat juga digunakan untuk mendirikan koperasi simpan pinjam; menampung hasil panen berbagai jenis tanaman seperti gabah, sawit dan lainnya.

“Modal usaha itu misalnya dapat digunakan untuk membuat kolam pemancingan yang diharapakan dapat menciptakan lapangan kerja baru,” tutur Wiwin.

Dengan demikian, lanjutnya, modal usaha Bumdes akan bertambah lebih besar dari keuntungan dan laba yang diperoleh dari hasil penjualan hasil panen tersebut.

Paparan Wiwin tersebut disambut baik masyarakat karena merasa terbantu dengan adanya dana Bumdes tersebut. Selain itu, mereka juga lebih diuntungkan karena bisa langsung menjual hasil pertaniannya kepada Bumdes tanpa melalui “toke” atau calo lagi.

Masyarakat yang diwakili salah satu tokoh masyarakat setempat mengungkapkan rasa senang hatinya seraya mengucapkan banyak terimakasih kepada Wiwin selaku kepala desa karena telah merasa diperhatikan.

“Kami mohon Pa Kades bisa berlanjut memimpin desa ini lagi untuk periode kedepannya,” ucap tokoh masyarakat bernama Erwwnto Karna.

Menurutnya, di bawah kepemimpinan Wiwin, Desa Padang Serasan telah berkembang dan lebih maju.

“Sosok Wiwin adalah seorang bapak pembangun desa ini karena beliau mengutamakan kepentingan rakyatnya daripada kepentingan pribadi,” tuturnya. (Nirwan S)

Leave a Comment!