Kolinlamil Angkut Prajurit Yonarmed 6 Kembali ke Markas Usai Satgas Pamtas Timor Leste

Jakarta, PUBLIKASI – KRI Teluk Parigi 539 salah satu armada Kolinlamil melaksanakan dukungan angkutan laut Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 6 Tamarunang, yang selesai mengemban tugas operasi Pengamanan Perbatasan Darat RI dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) di Dermaga Lantamal VII Kupang, Sabtu (4/12).

Komandan KRI Teluk Parigi 539, Mayor laut (P) Arys Susanto mengatakan embarkasi 450 prajurit, kendaraan taktis dan material Satgas Pamtas RI-RDTL dari Yonarmed 6 Tamarunang yang bermarkas di Makassar dilaksanakan pada Jumat (3/12) dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Para prajurit yang naik masuk ke kapal melalui prosedur pemeriksaan suhu badan, swab antigen, menjaga jarak penyemprotan disinfektan.

KRI Teluk Parigi 539 melaksanakan tugas dukangla sesuai perintah Panglima Kolinlamil pada 17 November 2021. Kapal perang jenis Landing Ship Tank ini juga mengangkut Satgasban dan Intel dan Denpaldam IX Udayana.

“Pertahankan kondisi teknis kapal, jaga moril dan tingkat profesionalisme prajurit melalui latihan selama lintas laut serta laksanakan purbajaga selama pelayaran,” kata Pangkolinlamil Laksda TNI Erwin S Aldedharma, kepada Komandan KRI sebelum tolak dari pangkalan Surabaya.

KRI Teluk Parigi-539 merupakan kapal perang ex Jerman Timur jenis angkut tank yang mampu mengangkut personel lebih dari 500 orang beserta kendaraan dan material tempur lainnya.

Kapal perang ini masih menjadi andalan Kolinlamil dalam tugas operasi, baik OMP (Operasi Militer untuk Perang) maupun OMSP (Operasi Militer Selain Perang).

“Kami telah menyiapkan kapal untuk siap operasi, kondisi teknis KRI, baik platform maupun sewaco serta permesinan baik, siap mendukung serpas.
Demikian pula dengan prajurit KRI, selalu menjaga kesehatan dan fisik serta kemampuan profesi dengan berlatih selama operasi,” kata Komandan KRI Teluk Parigi 539. (Andi RR)

Leave a Comment!